Senin, 03 Februari 2020

USIA YANG TEPAT UNTUK MENYAPIH BAYI KUCING

Hallo cat luvva!!
Pasti ngga sedikit dari kalian yang masih suka bingung 'umur berapa kucing harus lepas asi pada induknya?'
 Secara umum, proses penyapihan anak kucing sudah dimulai ketika usia mereka mulai menginjak usia 4 hingga 5 minggu (2 bulanan). Ketika itulah mereka akan mulai mengurangi menyusu pada induk mereka dan mulai belajar makan. Proses penyapihan secara keseluruhan membutuhkan waktu sekitar satu bulan, yang berarti bahwa anak kucing biasanya secara penuh disapih ketika mereka berusia antara 8 hingga 12 minggu. Ketika mereka berhenti menyusu, mereka harus mendapatkan semua gizi dan nutrisi yang berasal dari makanan khusus untuk anak kucing.

Ketika proses menyapih dimulai, anak kucing biasanya siap untuk mulai makan makanan basah atau kering, meskipun mereka terkadang juga masih menyusui dengan induknya.

Bagaimana memulai proses menyapih? Perlu diketahui, proses penyapihan yang dilakukan secara tiba-tiba dapat memiliki efek negatif pada anak-anak kucing terkait dengan kesehatan, kemampuan belajar makan, menggunakan kotak pasir, dan bermain. Anak kucing harus tetap bersama induk mereka selama proses penyapihan, karena induk akan lebih tahu apa yang harus dilakukan.

Bagaimana memperkenalkan anak kucing ke makanan padat? Saat anak kucing sudah terbiasa makan, kurangi jumlah susu formula pengganti yang sobat berikan secara bertahap. Ketika anak kucing berusia delapan hingga sepuluh minggu, pelan-pelan kurangi pemberian susu pada anak kucing. Berikan makanan basah dan terutama makanan khusus untuk anak kucing.

Untuk menyapih kucing yang tidak memiliki induk, proses penyapihan bisa dilakukan lebih cepat daripada kucing yang sedari kecil sudah dirawat induknya. Biasanya anak kucing tanpa induk bisa mulai berhenti minum susu secara bertahap sedari usia tiga minggu. Mulailah dengan menawarkan susu di piring/mangkuk. Secara bertahap, anak kucing perlahan-lahan mulai terbiasa makan, kurangi secara bertahap jumlah susu yang mereka minum. Mereka bisa benar-benar berhenti minum susu pada usia lima hingga enam minggu dan sejak usia ini mereka seharusnya sudah bisa makan makanan khusus anak kucing.

Sumber : https://www.kucingmania.net/umur-berapa-anak-kucing-berhenti-menyusui/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar