Rabu, 22 Januari 2020

HOW TO CUT A CAT'S NAILS

Seringkali cat luvva mengeluhkan tentang perabotan atau barang-barang di rumah rusak karena menjadi sasaran cakaran si mpus. Apalagi bila barang tersebut tergolong berharga, kadang catlovers pasti akan kesal bahkan marah dibuatnya, bahkan tak jarang cat luvva yang sampai membuang kucing miliknya. karena memang  secara alami kucing akan menjaga kuku mereka agar tumbuh dengan baik dan tidak tumbuh panjang yaitu dengan cara mencakar dan memanjat sebagai usaha untuk menghilangkan lapisan-lapisan atau selubung luar kuku yang tua. Kalau catlovers mau sedikit kreatif, kita bisa menghindari kucing mencakar barang sembarangan dengan menyediakan tempat cakaran khusus atau memotong kukunya secara teratur.

Sebaiknya kucing dibiasakan untuk dipotong kukunya sejak ia masih anak- anak, sehingga kucing akan terbiasa saat sudah besar. Apabila kucing sudah merasa terbiasa, maka ia akan lebih tenang dan tidak takut lagi ketika kukunya dipotong. Tentunya hal tersebut akan memudahkan Anda dalam memotong kuku kucing Anda. Pada kucing dewasa yang tidak dibiasakan untuk memotong kukunya sejak anak-anak akan merasa tidak nyaman dan cenderung menolak untuk dipotong kukunya, tentu akan menyulitkan bukan?  Untuk mengatasi hal ini sebaiknya cobalah untuk memotong kuku-kuku tersebut satu demi satu dalam beberapa hari.


Gimana sih cara memotong kuku kucing yang benar? 

1. Pada saat memotong kuku kucing buatlah kucing merasa nyaman saat Anda memegangnya dan buatlah seminimal mungkin kucing bergerak. Sebaiknya posisi tangan Anda pada saat memegang kaki kucing agak jauh dari jangkauan mulut kucing agar tidak tergigit nantinya. Anda juga perlu memperhatikan reaksi kucing menggigit atau mencakar. Apabila anda merasa kesulitan dalam memegang kucing sendiri, mintalah bantuan orang lain untuk memeganginya.

2. Peganglah jari kaki kucing dengan ibu jari dan telunjuk.

3. Tekanlah dengan lembut bagian bawah dari salah satu jari kaki atau telapak kaki kucing sehingga kuku kucing akan menyembul keluar.

4. Sebelum melakukan pemotongan, perhatikan terlebih dahulu bagian merah muda yang terdapat di tengah-tengah cakar. Bagian ini disebut dengan quick, di dalamnya terdapat pembuluh darah dan syaraf, jadi akan terasa sakit kalau sampai bagian ini terpotong.

5. Setelah Anda memperhatikan bagian quick pada kuku kucing, mulailah melakukan pemotongan satu demi satu secara hati-hati. Sebaiknya potonglah kuku kucing dengan jarak sekitar 1 mm dari quick, jangan terlalu dekat karena akan menyakitkan. Perlu diperhatikan juga posisi alat pemotong kuku dengan kuku kucing dan ketajaman dari alat pemotong kuku.

6. Apabila Anda tidak sengaja memotong bagian quick dan mengakibatkan pendarahan, maka segera tekan bagian yang berdarah menggunakan kapas hingga pendarahan berhenti. Setelah itu berikan iodine tincture atau obat antiseptik lainnya. Apabila pendarahan terus berlanjut, berikan obat penghenti pendarahan atau kalium permanganat, bisa juga dengan menggunakan tepung jagung.


sumber : https://www.kucinglucu.net/kenapa-kuku-kucing-harus-dipotong-simak-caranya/





Tidak ada komentar:

Posting Komentar